air mata kerinduan

malam semakin larut

rasa dingin itu mulai menusuk kulit

dalam balutan mukena putih

berdiri di pinggir jalan

menatap masjid kecil yang telah senyap

gelap

hanya tinggal lampu-lampu kecil

yang menghiasi serambinya

aku menatap

dan terus menatapnya

entah mengapa hati ini semakin tergugah

air mata menitik tak tertahankan

seribu doa terlantun dalam hati

dalam gelapnya malam

dalam sucinya bulan ramadhan

mengharap tahun depan kan jumpa lagi

ada hal yang begitu aku rindukan

ada hal yang telah hilang

dan aku takut

takut akan kehilangan

entah apa, aku hanya berharap

aku bisa melihat dan berada dalam masjid kecil itu

bersama orang-orang yang aku sayang

aku tak ingin berlalu begitu cepat

aku harap

harapanku kan terwujud :’)

Ramadhan, Harapan, Hilang oleh waktu

Semakin lama waktu berjalan, perubahan semakin terasa. Ramadhan taun ini buat aku mungkin jadi ramadhan dimana aku bisa jadi lebih baek. Namun gak begitu dengan orang lain di luar sana. kalo dilihat dan diresapi, kadang malah semakin miris.

Ramadhan semakin hari semakin terasa biasa, , tak ada yang spesial lagi seperti dulu2 ketika aku masih kecil. Begitu antusias banget ketika ramadhan tiba, namun sekarang liatlah. . . sepi, tak seperti dulu. Bahkan semakin banyak orang, , dan mungkin kebanyakan remaja sekarang malah gak ngerasa malu blas ketika mereka gak puasa. Kadang mereka malah mengumbar2nya bahwa mereka gak pernah puasa. Astagfirullah, , apa yang sebenarnya terjadi di dunia yang sudah teramat renta ini. Kenapa semuanya semakin rusak, miris banget. Bulan ramadhan adalah bulan yang suci, , bulan untuk mensucikan diri. Tapi malah banyak yang mengotori diri juga, , ,pikiran dan jiwa bahkan diumbar tanpa batas. Apakah keimanan sekarang ini emang udah gak penting lagi ??? 😥

Sebentar lagi hari raya tiba, ramadhan pun usai. Tapi tetap juga sepi.tak seheboh dan sefantastik dulu. Tak ada  rasa rindu akan hilangnya ramadhan. semuanya bersenang2 memang, , namun jadi hanya sebatas kesenangan duniawi semata, ketaqwaan malah hilang. gak ada yang spesial dari hari raya kecuali tetap seperti adat yang lama -> baju baru tentunya. hummm, , apa yang terjadi di dunia ini sekarang ?? Kenaa begitu menyedihkan ?? terlihat begitu buruk ?? Gimana dengan penerus kita di masa yang akan datang jika sekarang aj udah kayak gini, , moralnya jatuh banget.

Sekarang yang baek2 malah serasa seperti ketinggalan jaman, jadul. Yang buruk diagung2kan, semua memang terbalik. Hari yang suci kini terasa hari2 biasa.

Tapi perubahan juga datang dari kesadaran sendiri, , kita mengingatkan kalo tak ada niat dari pribadi sendiri juga sama aj, , mulai dari diri sendiri mungkin emang yang terbaek . . .