all about SUN FLOWER

Bunga matahari dengan warna kuning keorange’annya, jika dipandang dapat membawa kehangatan. Matahari merupakan sebuah kekuatan di dunia ini, the sun, the power. Dengan mahkota kuning cerah menyebar dari pusatnya, bunga matahari tidak hanya menyerupai matahari, mereka juga akan selalu mengarahkan wajahnya ke matahari. Arti bunga ini adalah kehangatan dan kekaguman, juga dianggap sebagai tanda umur panjang. Oleh karena itu sunflower memiliki banyak makna yang begitu dalam. Wisdom atau kebijaksanaan, strength atau kekuatan, dan sincerity atau ketulusan.

Banyak hal yang dapat disimbolkan dengan bunga matahari, bahkan bunga matahari sendiri yang memiliki nama latin Helianthus annulus L dan merupakan tumbuhan musiman dari suku Asteraceae dijadikan sebagai bunga nasional negara RRC dan bunga resmi negara Kansas, Amerika Serikat. Karena merupakan tumbuhan musiman, setelah berbunga bunga ini langsung kering dan mati. Bunga ini dinamakan bunga matahari karena perilakunya yang selalu mengikuti arah gerak matahari, sehingga disebut heliotropisme dan karena hal itu juga maka bunga ini sering dikaitkan dengan mistis. Meski saat bunganya sudah besar tidak bersifat heliotropisme, namun tetap saja bunga ini selalu menghadap ke timur sesuai arah matahari terbit.

Dengan bunga-bunganya yang cenderung besar dan warna kuningnya yang menyegarkan mata, bunga ini cocok di tanam di halaman rumah untuk menyegarkan mata setiap orang yang melihatnya. Warna cerah yang bersemayam dalam setiap kelopak bunganya dapat membangkitkan semangat dan keceriaan, karena bunga melambangkan kasih sayang sedangkan matahari melambangkan energi. Selain itu bunga matahari juga melambangkan kesetiaan, perhatian, itu dapat dipahami dengan kesetiaannya yang selalu mengikuti gerak matahari dari mulai terbit hingga tenggelam. Jadi kalau diibaratkan dengan manusia maka ia adalah seorang hamba yang setia mengikuti kemana saja tuannya pergi. Kesetiaan yang sangat patut kita tiru dan dijadikan pedoman hidup bagi kita sebagai hambanya Tuhan, yang setia dan patuh pada kodratnya tanpa banyak protes. Sunflower adalah bunga pembawa kedamaian, kebahagiaan, dan keharmonisan.

Semua bagian dari bunga mtahari memiliki khasiat. Bunganya punya efek menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa sakit (analgesik). Bijinya sebagai antidisentri dan merangsang pengeluaran cairan tubuh dan campak. Daunnya berkhasiat antiradang, analgesik, dan antimalaria. Akarnya pun punya khasiat untuk antiradang, peluruh air seni, pereda batuk, dan analgesik. Sedangkan, sumsum batang dan bunganya berkhasiat merangsang energi vital, analgesik, menenangkan liver, dan masih banyak lagi. Penggunaan seluruh bagian tanaman ini bisa dalam bentuk segar dan kering. Pemakaian luar, tumbuhannya dihaluskan dan ditempelkan pada bagian yang sakit. Contohnya untuk rematik, bisul, dan radang payudara. Penggunaan untuk dalam, tumbuhannya direbus dan diminum. Ada pula yang disangrai seperti bijinya, lalu ditumbuk halus, diseduh air panas dan diminum. Pengobatan lewat cara ini adalah untuk keluhan sakit kepala, pusing, sakit gigi, radang payudara, batuk, batuk rejan, sesak napas, tekanan darah tinggi, mencegah kanker lambung, kembung, maag, susah buang air besar, disentri, infeksi saluran kemih, beri-beri, malaria, keputihan, pendarahan, dan hernia. Penggunaan sumsum dari batang dan dasar bunga itu berisi kandungan hemicellulose yang menghambat sarcoma 180 dan Ehrlich ascitic carcinoma pada tikus. Ekstrak sumsum ini dapat menghancurkan nitrosamine dan dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan tumor saluran cerna. Hanya saja, bagi ibu yang tengah hamil, dilarang minum rebusan bunga matahari.

Itulah sekilas tentang makna dan khasiat bunga matahari, semoga bermanfaat !! ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s